AS : Rusia Menyandera Dewan Keamanan PBB Atas Resolusi Invasi ke Suriah

Home » Berita » Dunia Islam » AS : Rusia Menyandera Dewan Keamanan PBB Atas Resolusi Invasi ke Suriah

samanthaAmerika Serikat menyatakan pada hari Kamis bahwa Rusia menyandera  Dewan Keamanan PBB terhadap rencana serangan militer ke Suriah.

Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, mengecam Rusia, dan menyatakan  sedikit keraguannya bahwa Washington tidak akan meminta persetujuan PBB dalam menanggapi 21 Agustus kimia serangan senjata di dekat ibukota Suriah Damaskus.

Samantha menyalahkan struktur kebijakan Dewan Keamanan, yang hanya memungkinkan lima negara besar saja yang memegang hak veto – Rusia, Amerika Serikat, Cina, Prancis dan Inggris. Rusia secara konsisten menggunakan hak vetonya untuk memblokir aksi PBB atas kekejaman rezim  Bashar Assad .

Persetujuan dewan keamanan PBB harus membutuhkan suara bulat untuk mengambil tindakan di Suriah.

“Saya hadir dalam pertemuan di mana pihak Inggris mengajukan resolusi atas Suriah , dan pada  pertemuan itu, terlihat dalam kata dan bahasa tubuh,  bahwa resolusi tersebut  tidak memiliki prospek kebijakan (yang akan diambil oleh Dewan Keamanan PBB) , ada penolakan oleh Rusia pada khususnya,” ujar Samantha kepada wartawan.

“Setelah berbulan-bulan upaya pelarangan senjata kimia dan setelah 2-1/2 tahun  upaya Jenewa (pembicaraan damai), terkait  situasi kemanusiaan, terlihat  tidak ada proses yang berjalan  di Dewan Keamanan ini,” katanya.

Parlemen Inggris juga menentang partisipasi Inggris atas  serangan militer AS ke  Suriah .

Di sisi lain, Rusia, didukung oleh China, telah menggunakan hak vetonya sebanyak tiga kali untuk memblokir resolusi Dewan PBB mengutuk pemerintah Assad dan mengancam dengan sanksi internasional. (Arby/Dz)

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: